Wednesday, September 23, 2015

Pengertian Pasar dan Jenis Jenis Pasar

Pengertian Pasar dan Jenis Jenis Pasar - Ketika kita belajar matapelajaran Ekonomi atau IPS, tentunya kita akan dikenalkan dengan yang namanya pasar. Walaupun sehari-hari kita sudah berhadapan langsung dengan yang namanya pasr, namun kadang kala masih sulit untuk mendeskripsikannya.

Pengertian Pasar

Pasar adalah suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Namun seiring perkembangan zaman, makna pasar kini semakin meluas. Pasar saat ini bisa dideskripsikan sebagai: terjadinya hubungan antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan transaksi jual beli barang ataupun jasa.

pengertian pasar

Suatu tempat bisa dikatakan pada apabila memenuhi syarat atau kriteria pasar. Berikut beberapa syarat atau kriteria sebuah tempat bisa dikatakan sebagai pasar.
  1. Adanya calon penjual dan calon pembeli
  2. Adanya barang atau jasa yang diperjual belikan
  3. Adanya kegiatan tawar menawar (tidak harus)
Kehadiran pasar kini menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan bagi sebuah masyarakat. Pasar bisa dijadikan wadah untuk promosi. Selain itu pasar juga bisa digunakan sebagai tempat penyerapan tenaga kerja. Berikut ini adalah beberapa jenis pasar yang perlu anda ketahui.

Jenis-jenis Pasar

1. Menurut barang yang diperjual belikan
  1. Pasar Barang Produksi
    Pasar barang produksi ini adalah pasar yang menyediakan alat atau bahan untuk kegiatan produksi seperti bahan baku, mesin, ataupun tenaga kerja.
  2. Pasar Barang Konsumsi
    Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menyediakan barang untuk dikonsumsi seperti pasar ikan, basar hewan, dan masih banyak lagi yang lain.
2. Menurut luas kegiatan dan distribusi
  1. Pasar Lokal
    Pasar lokal adalah pasar yang berada di daerah sekitar dan memperjual belikan barang yang ada di sekitar daerah tersebut.
  2. Pasar Daerah
    Pasar ini biasanya terletak di daerah-daerah seperti kecamatan, kabupaten, dan kota. Pasar ini menyediakan kebutuhan bahan yang diperoleh dari masyarakat daerah.
  3. Pasar Nasional
    Pasar nasional adalah pasar yang berada dalam lingkup negara. Contoh dari pasar nasional adalah pasar bursa efek yang memperjualbelikan saham.
  4. Pasar Internasional
    Pasar internasional adalah pasar dimana bertemunya penjual dan pembeli dalam skala negara satu dengan negara lain. Contoh dari pasar internasional ini adalah pasar tembakau di Bremen Jerman.
3. Menurut ketersediaan barang
  1. Pasar Konkret
    Pasar konkret adalah pasar yang menyediakan barang-barang nyata secara fisik. Contoh pasar hewan, pasar buah, pasar burung, dll.
  2. Pasar Abstrak
    Pasar abstrak ialah pasar yang menyediakan barang-barang yang tak nampak secara fisik. Contoh pasar tenaga kerja dan bursa efek.
4. Menurut Waktu
  1. Pasar Harian
    Pasar harian adalah pasar yang keberadaannya berdasarkan hari-hari tertentu atau setiap hari.
  2. Pasar Mingguan
    Pasar mingguan adalah pasar yang beroperasi setiap minggu atau minggu-minggu tertentu.
  3. Pasar Bulanan
    Pasar bulanan adalah pasar yang beroperasi di bulan-bulan tertentu.
  4. Pasar Tahunan
    Pasar tahunan adalah pasar yang beroperasi setiap tahun atau di tahun-tahun tertentu.
5. Menurut Bentuk dan Struktur Pasar
  1. Pasar Sempurna
    Pasar sempurna adalah pasar yang terstruktur yang semua komponen-komponennya lengkap di dalamnya.
  2. Pasar Tidak Sempurna
    Pasar tidak sempurna bisa disebut sebagai pasar terorganisir.
Itulah tadi informasi mengenai pengertian pasar dan jenis jenisnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca informasi menarik lainnya ya..

No comments:

Post a Comment