Tuesday, December 2, 2014

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli - Jika anda mendengar kata ideologi, apa yang terlintas di pikiran anda? Pasti sebagian dari anda akan mengira sebagai sesuatu yang rumit untuk dipahami. Sebenarnya ideologi sendiri dapat diartikan secara sederhana sebagai suatu pandangan atau keyakinan.

Pengertian ideologi berasal dari kata ide yang berarti gagasan. Jadi ideologi dapat didefinisikan sebagai sebuah ide atau gagasan yang bersifat sistematis yang memberikan arah untuk mencapai sebuah tujuan. Ideologi sangat erat kaitannya dengan pemahaman mengenai bangsa dan negara.

Setelah anda tau sepintas tentang apa pengertian ideologi, untuk memperdalam pemahaman anda silahkan simak beberapa definisi ideologi menurut beberapa ahli yang memang sudah mahir di bidangnya. Simak baik-baik info berikut.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


Pengertian Ideologi menurut Murdiono
Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjad landasan bagi seseorang (masyarakat) untuk memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

Pengertian Ideologi menurut Karl Marx
Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.

Pengertian Ideologi menurut Thomas H.
Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.

Pengertian Ideologi menurut Soerjanto Poespowardojo
Ideologi sebagai kompleks pengetahuan dan nilai, yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang (atau masyarakat) untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

Pengertian Ideologi menurut Ali Syariati
Ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

Pengertian Ideologi menurut C.C. Rodee
Ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

Pengertian Ideologi menurut Francis Bacon
Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

Pengertian Ideologi menurut Destutt de Tracy
Ideologi sebagai "science of ideas" di mana di dalamnya ideologi dijabarkan sebagai sejumlah program yang diharapkan membawa perubahan institusional (lembaga) dalam suatu masyarakat.

Pengertian Ideologi menurut Dr. Hafidh Shaleh

Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional, yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia. Pemikiran tersebut harus mempunyai metode, yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut, metode mempertahankannya, serta metode menyebarkannya ke seluruh dunia.

Pengertian Ideologi menurut Menurut Machiavelli
Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

Sekian informasi mengenai pengertian ideologi menurut para ahli. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa baca artikel kami yang lain.

No comments:

Post a Comment