Thursday, October 8, 2015

Pengertian / Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian / Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau yang lebih akrab kita sebut dengan PPKn merupakan salah satu matapelajaran yang menyenangkan.

Ya, pasalnya matapelajaran ini adalah matapelajaran yang membahas mengenai kehidupan kita sehari-hari. Selain itu PPKn juga mengulas tuntas dengan ideologi, pandangan hidup bangsa kita sendiri. Oleh sebab itu kita seperti berkaca pada diri sendiri.

Sebelumnya juga sudah dibahas makna Pancasila sebagai dasar negara. Bicara soal matapelajaran PPKn, kita kerap mendengar istilah pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka. Lantas sebenarnya apa makna dari istilah tersebut? Buat anda yang penasaran, silahkan simak informasi berikut ini.

Pengertian / Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka


Sebelum membahas makna Pancasila sebagai ideologi terbuka, akan dijabarkan terlebih dahulu apa itu Pancasila dan apa itu ideologi terbuka. Agar nantinya diperoleh pemahaman yang mendalam mengenai arti Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Pengertian Pancasila

Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia. Pancasila sendiri berasal dari dua kata yakni Panca yang berarti lima, dan sila yang berarti prinsip. Kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta. Istilah Pancasila sendiri diperkenalkan pertama kali oleh presiden Republik Indonesia yang pertama yakni Ir. Soekarno.

Selain itu Pancasila juga dijadikan sebagai pedoman menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadi semua peraturan atau Undang-undang yang berlaku di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.

Pengertian Ideologi Terbuka


Ideologi terbuka dapat diartikan sebagai ideologi yang dinamis. Ideologi terbuka mampu bertahan mengikuti perkembangan zaman. Ideologi terbuka mampu menempatkan nilai dan ajarannya walaupun zaman telah berubah, tanpa mengubah sifat dasar dari ideologi sendiri.


Makna Pancasila sebagai Ideologi Terbuka


Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti mampu menerima dan menyesuaikan diri terhadap berbagai macam perubahan yang terjadi di Indonesia maupun dunia, tanpa merubah intisari atau nilai dasar dari ideologi itu sendiri, yakni Pancasila.

Karena memiliki sifat terbuka, ideologi Pancasila tetap diterapkan di masa mendatang walaupun zaman sudah berubah dan berkembang. Itulah tadi sedikit informasi mengenai makna Pancasila sebagai ideologi terbuka. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment