Sunday, October 4, 2015

Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli

Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli - Pada beberapa matapelajaran, kita sering menjumpai kata globalisasi. Namun banyak yang masih belum tahu apa sebenarnya arti kata globalisasi itu sendiri. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua belajar mengenai apa itu globalisasi.

Sebelum membahas arti kata atau definisi dari globalisasi, apa yang anda pikirkan? Dunia yang luas? Atau sesuatu hal yang bercampur aduk? Ya, sebenarnya dua kalimat tersebut sedikit banyak bisa menggambarkan apa itu globalisasi.

Globalisasi sendiri merupakan hilangnya batas baik itu wilayah, kultur, budaya, sehingga orang bebas masuk ke wilayah atau negara manapun dan mempelajari budaya dan kultur yang didaerah tersebut secara bebas seperti tak ada batas penghalang.

Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli

Namun untuk informasi lebih akuratnya, mari kita simak bersama-sama definisi globalisasi menurut para ahli yang jelas-jelas sudah memiliki kompetensi untuk menjelaskan apa itu globalisasi. Ingin tahu? Silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli


1. Menurut Selo Soemardjan
Globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses terbentukny sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat diseluruh dunia.

2. Menurut Achmad Suparman
Globalisasi merupakan suatu proses menjadikan sesuatu (benda / perilaku) sebagai ciri dari setiap individu didunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

3. Menurut Scholte
Globalisasi adalah meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing- masing negara tetap mempertahankan identitas masing-masing, akan tetapi semakin tergantung satu sama lain.

4. Menurut Leonor Briones
Globalisasi diartikan sebagai demokrasi bukan hanya di bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi institusi demokratis, pembangunan sosial, HAM, dan pergerakan wanita.

5. Menurut Steger
Globalisasi adalah kondisi sosial yang ditandai dengan munculnya interkoneksi ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan global serta arus yang membuat banyak dari perbatasan kini sudah ada dan batas batas tidak relevan.

Sebenarnya masih banyak lagi definisi globalisasi menurut para ahli lainnya. Namun karena keterbatasan, kami hanya bisa menyampaikan beberapa untuk anda. Mungkin pada kesempatan lain bisa dilanjutkan. Semoga informasi dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment